UPDATE NEWS

Senin, 28 November 2011

Jajanan Tempo Dulu

Sekarang aku mau berbagi jajanan tempo dulu. Jajanan khas tradisional Indonesia yang sempat menjadi primadona di masa kecil ku. Berikut adalah jajanan aku waktu kecil.

Putu

Kue putu berupa kue yang berisi gula jawa dan parutan kelapa yang dibungkus oleh tepung beras yang dikukus. Kue ini biasanya dikukus dengan diletakkan di dalam tabung bambu. Suara khas uap yang keluar dari alat pengukus ini sekaligus menjadi alat promosi bagi pedagang yang berjualan. Jajanan ini cukup enak dan pernah menjadi jajanan primadona di masanya. Saya sendiri cukup suka nie jajanan.
Harganya sendiri sekitar Rp. 500 waktu di zaman ane. Nggak tahu kalau sekarang.

Gulali
Gulali sendiri di daerahku ada 2 jenis.  Entah aku yang tidak tahu namanya atau memang namanya yang sama.

Gulali yang satu ini dibuat dari gula yang diencerkan kemudian di panaskan. Gulali yang satu ini bisa dibentuk-bentuk sesuai keinginan kita. Selain bisa dibentuk manual atau dengan keahlian tangan, tapi juga bisa dibuat dengan cetakan khusus. Ini termasuk makanan favorit ane gan.
Harga waktu dulu cuma Rp. 100-300. Cukup murah untuk makanan yang enak.

Gulali yang satu ini berbentuk seperti rambut kering yang berwarna merah muda. Gulali yang satu ini dibawa penjualnya dalam wadah kaleng yang unik.
Wadahnya berbentuk setengah lingkaran dan terdiri dari enam kotak, disandang dengan tali dari kain di salah satu bahu.
Harga jajanan ini dulu cuma Rp. 100-300. Makanan favorit saya nih, sudah manis, murah lagi.

Opak
Opak terbuat dari tepung beras. Jajanan yang paling saya suka nih gan. Rasanya yang enak, crispi, bentuknya besar, dan harganya yang murah, benar-benar kesukaan saya gan. Apalagi bila ditambah gula merah encer. Aduh. . .maknyus deh gan. . .
Harganya sih waktu saya masih kecil dulu cuma Rp. 100 perbuah. Tapi, sekarang udah nggak tau lagi berapa.

Rengginang
Makanan yang terbuat dari beras ketan ini adalah makanan favorit saya juga waktu saya kecil. Tapi, aku nggak pernah beli nie jajanan, karena biasanya selalu ada di rumahku sendiri. hehehehe. . .rasanya yang crispi benar-benar sulit dilupakan. . .

Pentol 
Nampaknya cuma jajanan ini yang bisa bersaing dengan perkembangan zaman. Dimana sampai sekarang, ini masih jajanan favorit di tempat saya. Dan inilah jajanan yang sering membuat kantongku bolong.

Brem
Kalau yang ini biasanya nggak dijual. Tapi, disertakan dalam permainan cabutan (Permainan yang mengandalkan keberuntungan yang mana kita disuruh memilih) yang mana hadiahnya berupa brem bermacam ukuran. Kalau kamu punya keberuntungan yang bagus, mungkin kamu bisa mendapat brem yang besar dengan harga yang murah. 

Es Goyang

Ini salah satu jajanan yang paling dinanti. Dimana cara pembuatannya harus digoyang terlebih dahulu. hmm. . .dulu banyak sekali ditemukan ini jajanan, tapi sekarang sudah sulit ditemukan. Padahal harganya yang murah, cuma sekitar Rp. 300 menjadi salah satu favorit saya waktu kecil.

Es Kero
Es yang ini tidak kalah enak. Dengan rasa yang bermacam-macam membuat es ini menjadi salah satu pilihan.Aku sendiri juga suka banget. Harganya yang cuma Rp. 100 waktuku kecil, membuat aku sering membeli es ini. Apalagi waktu aku TK Al-Qur'an.hehehe

Itulah jajanan-jajanan yang ada waktu zamanku kecil. Bagaimana??? teringat dengan masa kecil??? hahaha. . .jajanan diatas sendiri adalah jajanan yang ada di daerah ku waktu kecil. Bila ada yang berbeda di tempat agan, mungkin bisa ditambahkan. . .

2 komentar:

  1. kok sama yaaa, jaman SD saya dulu juga masih ada jajanan kayak gini. tapi sampai sekarang juga masih ada kok tapi memang sudah jarang yang jualan

    BalasHapus
  2. iya. .memang rata-rata makanan khas tempo dulu seperti ini semua. Beruntung bila tempat kawan,masih ada, di tempat saya sendiri masih ada, namun tidak tetap adanya. Mungkin hari ini ada, besok jangan harap ada. padahal ini makanan favortit saya semua. .

    BalasHapus

ANDA SUKA DENGAN ISI ARTIKEL BLOG SAYA?? JANGAN LUPA UNTUK DI KOMEN, LIKE DAN FOLLOW YA. DAN INGAT, HARUS SOPAN. . .
HARAP MENULIS NAMA BILA KOMEN, AGAR KITA LEBIH SALING MENGENAL. SALAM BLOGGING. . .

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...