UPDATE NEWS

Sabtu, 22 Juni 2013

Bahan Bakar Nuklir (Sumber Energi Nuklir)

Sejak selesai perang dunia ke II, mulai dikembangkan penggunaan sumber energi panas yang lain, yang disebut energi Atom. Energi nuklir ini terjadi akibat pembelahan inti (Nuclear Fission) dari atom dan menimbulkan panas.

Inti dari atom berat, terbelah menjadi inti-inti dari atom-atom yang lebih ringan, yng di dalam proses ini akan menimbulkan panas yang sangat tinggi. Bahan pokok dari energi adalah: Uranium yang merupakan salah satu unsur kimia yang berat dengan bilangan atom 92 dan mengandung sedikit radioaktif.
Secara kimiawi, Uranium merupakan logam yang sangat reaktif dengan valensi 3; 4 dan 6; yang mencair pada temperatur 1132⁰C. Uranium alamiah merupakan campuran dari 3 buah isotop yaitu Uranium-234 sebanyak 0,01%; Uranium-235 sebanyak 0,715 dan Uranium-238 sebanyak 99,28%



Perhatikan gambar:
U-235 dapat dibelah akibat dari penyerapan sebuah Neutron pada intinya.
U-235 dapat dibelah oleh neutron-neutron dari berbagai tingkat daya dan akan menimbulkan reaksi inti berantai sekalipun pembelahan dilakukan oleh neutron-neutron lambat atau neutron berdaya rendah (slow neutrons or low energy neutrons)
Sebuah Neutron berdaya rendah (low energy neutron) menembaki dan menembus inti U-235 serta rata-rata akan melepaskan sebanyak 2,5  neutron tambahan. Neutron-neutron yang terlepas tersebut akan mampu dan menimbulkan reaksi inti berikutnya, sehingga akan berlangsung reaksi inti yang terus mnerus dan berantai melepaskan sejumlah energi panas yang makin besar.

1 komentar:

ANDA SUKA DENGAN ISI ARTIKEL BLOG SAYA?? JANGAN LUPA UNTUK DI KOMEN, LIKE DAN FOLLOW YA. DAN INGAT, HARUS SOPAN. . .
HARAP MENULIS NAMA BILA KOMEN, AGAR KITA LEBIH SALING MENGENAL. SALAM BLOGGING. . .

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...